Home » , » Troubleshoot Error Remove Disks or Other Media Pada Windows Xp

Troubleshoot Error Remove Disks or Other Media Pada Windows Xp

Troubleshoot Error Remove Disks or Other Media Pada Windows Xp - Artikel ini saya buat sekaligus menjawab pertanyaan salah satu pengunjung blog ini pada posting saya cara menginstall windows xp menggunakan flashdisk. Lebih tepatnya, cara membuat bootable flashdisk.

Masalah atau pesan error "Remove disks or other media. Press any key to restart" tidak hanya terjadi ketika anda akan menginstall windows xp melalui USB, tetapi juga umum terjadi, masalah demikian bisa disebabkan karena hardware atau software.

Penyebabnya karena hilang atau tidak terdeteksinya file boot pada perangkat boot baik CD-ROM, harddisk, flashdisk ataupun floppy drive yang mungkin karena infeksi virus, kerusakan fisik pada hardware, shutdown yang salah atau masalah kelistrikan.

  1. Pastikan harddisk anda sehat(baca tulis normal atau tidak bad sector/kerusakan fisik). Coba cabut dan gunakan tools untuk memeriksa bad sector, scan pada komputer lain untuk memastikan.
  2. Pastikan harddisk terdeteksi dengan baik dibios(coba cabut dan pasang kembali atau kencangan kabel konektornya). Dan juga flashdisk anda tidak bermasalah(untuk yang menginstall menggunakan flashdisk).
  3. Pastikan tidak ada CD/DVD atau floppy disk yang sedang terpasang pada drivenya.
  4. Ubah urutan booting awal pada flashdisk, kedua pada harddisk(untuk menginstall menggunakan usb flashdisk). Dan coba disable pilihan boot media yang lain.
Jika anda sudah memastikan tidak ada masalah seperti diatas pada hardware komputer anda. Kemungkinan masalah pada software yaitu infeksi virus pada sistem operasi anda atau kesalahan user. Jika terjadi pada saat anda akan menginstall windows xp baik dari CD-DVD drive, kemungkinan master installer windows xp anda rusak atau pembuatan bootable windows ada salah.

Untuk masalah software, bersikan virus pada harddisk anda kemudian repair OS atau install ulang. Jika masalahnya ketika akan menginstall menggunakan flashdisk, coba gunakan master windows yang lain, kemudian pastikan mengikutitutorial cara membuat bootable windows xp dengan benar.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda tetang postingan diatas !

 
Support : Mamang Website
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Mamang Photography