Home » , » Cara Install Windows Pada Jenis Harddisk SATA dan IDE

Cara Install Windows Pada Jenis Harddisk SATA dan IDE

Cara Install Windows Pada Jenis Harddisk SATA dan IDE - Sebenarnya saya tidak terpikir untuk membuat artikel ini, karena mendapat saran dari Qorisme.Com yang menurut saya juga benar jadi saya buat artikel ini. Tidak hanya mengacu pada judul artikel ini saja tetapi troubleshoot lain juga dalam menginstall OS windows baik dari media USB maupun CD/DVD Drive berdasarkan pengalaman saya.

Pada zaman sekarang ini jenis harddisk SATA paling banya digunakan atau sudah menjadi standar dari sebuah media penyimpanan pada komputer maupun notebook dan netbook dengan ukuran yang berbeda tentunya. Sedangkan jenis IDE sudah jarang kita temui di prangkat model baru yang banyak bermunculan. Lebih lanjut mengenai kedua jenis harddisk ini, silahkan anda baca posting saya sebelumnya(perbedaan ide, ata, sata)

Menginstall windows xp dan 7 pada jenis harddisk IDE
Untuk ini saya rasa tidak ada kendala, karena kedua OS windows xp dan seven support dengan jenis harddisk ini. untuk mulai menginstall windows ke komputer/notebook/netbook anda. langkah-langkah yang anda lakukan:

1. Pertama tentunya hidupkan perangkat anda. kemudian lihat instruksi pada layar ketika loading BIOS untuk masuk ke BIOS. biasanya dengan menekan tombol F2, F12, ESC atau Del. tergantung jenis BIOS yang anda punya.
2. Tekan tombol yang sesuai sehingga anda dapat masuk ke sistem BIOS. pada sistem BIOS anda cari pengaturan untuk urutan boot awal. misalnya: jikan anda menginstall melalui USB ubah urutan boot utama ke USB dan kedua ke harddisk.
3. Jika pengaturan sudah benar simpan pengaturan anda. biasanya tombol F10 untuk menyimpan. tergantung jenis BIOS yang anda punya.
4. Ketika restart BIOS akan membooting media yang sudah anda tentukan tadi. Nah.. proses install akan dimulai. Jika anda pemula atau belum pernah sebelumnya menginstall OS. ada baiknya jika didampingi dengan teman yang sudah berpengalaman sehingga tidak salah nantinya.

Menginstall windows xp dan 7 pada jenis harddisk SATA
Untuk menginstall windows 7 pada jenis harddisk SATA. tidak ada kendala, karena windows seven support dengan jenis ini juga. Nah untuk windows xp karena OS ini TIDAK support dengan jenis SATA, jika anda tetap melanjutkan langsung menginstall windows xp maka harddisk anda tidak akan dikenali/terbaca, untuk itu maka anda perlu mengubah pengaturan pada BIOS anda. Cari pengaturan untuk harddisk, disana anda akan melihat tiga mode harddisk yang dapat anda pilih yaitu mode SATA, mode IDE, dan Compatibility Mode(Automatic).

Silahkan anda ubah ke mode IDE atau Automatic untuk menginstall windows xp di harddisk SATAkemudian simpan pengaturan andasekarang coba anda lakukan istallasi seperti biasa.

Metode lain yang dapat anda gunakan jika pada BIOS komputer anda tidak ada pilihan untuk mengubah mode harddisk ke IDE ataupun Compatibility Mode(Automatic)anda harus menginject master windows xp dengan driverSATA. Menggunakan Nlite(mungkin nanti akan saya posting). atau silahkan anda cari sendiri tutorial memasukan driver SATA ke master windows xp.

Untuk beberapa kasus yang pernah saya dapat dalam menginstall windows xp di harddisk SATA, kadang kita sudah mengubah mode harddisk ke IDE atau Automatic tetapi tetap saja ketika proses install harddisk tidak dikenalientah ini bug dari BIOS mungkin. Jika anda mendapati hal yang sama. anda perlu menginject driver sata ke master windows xp sehingga bisa menggunakan mode SATA(default)

Sebenarnya yang lebih menjadi maslah ketika kita menginstall OS yang tidak disupport vendor perangkat yang kita punya adalah driver-driver dari hardware, kita harus mencari manual driver yang bisa cocok dengan hardware yang kita punya sehingga hardware dapat berjalan dengan maksimal dan jika tidak ketemu itulah yang jadi masalah. lain hal jika kita menggunakan OS distro linux.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda tetang postingan diatas !

 
Support : Mamang Website
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Mamang Photography